Debt To Equity Ratio Adalah, Pengertian dan Cara Hitung

viralviralpictures.com – Perusahaan dapat disebut sebagai perusahaan yang sehat memiliki beberapa penilaian tersendiri. Seperti nilai penjualan perusahaan serta kualitas SDM yang dimiliki dan juga dari keuangan internal perusahaan. Untuk melakukan pengukurannya salah satu cara yang dapat dilakukan dengan rasio utang terhadap modal.

 debt to equity ratio adalah rasio hutang terhadap ekuitas. Rasio keuangan yang melakukan pengukuran dengan cara membandingkan jumlah hutang perusahaan dengan ekuitasnya. Hasil dari penilaian ini harus berada dalam jumlah yang proporsional. Ini merupakan rasio paling utama mengenai keuangan di perusahaan. 

Cara Menghitung yang Mudah

  1. Kumpulkan data mengenai keuangan perusahaan yang telah diterbitkan. Suatu perusahaan biasanya memiliki kewajiban untuk melaporkan informasi yang menyangkut perusahaan ke publik salah satunya adalah informasi keuangan. Untuk mendapatkan informasi ini, banyak sumber yang bisa digunakan untuk mendapatkan laporan keuangan perusahaan publik. 

 

Anda dapat menggunakan akun broker jika telah memilikinya. Banyak jasa broker daring yang menyediakan laporan dan memberikan izin untuk mengaksesnya. Anda cukup mencarinya dengan simbol sahamnya. 

 

Selain dengan broker Anda kunjungi beberapa situs keuangan. Situs yang bisa Anda akses adalah Yahoo! Finance. Untuk mencarinya Anda tik simbol saham perusahaan dalam kolom pencarian pada laman situsnya. Pilih “search finance” kemudian akan ditampilkan beberapa informasi mengenai perusahaan yang berkaitan di laman website. 

 

  1. Cari jumlah utangnya. Biasanya akan berada di bawah label “liabilitas” jumlah total utang ini akan sama dengan jumlah liabilitasnya. 

 

  1. Cari ekuitas perusahaan. Anda akan menemukan jumlah ekuitas pada bagian bawah label “ekuitas pemilik”. 

 

  1. Setelah memiliki utang dan ekuitas maka buat rasio perbandingan hingga pembagi terendahnya. Misalnya perusahaan memiliki liabilitas Rp.1 juta dan ekualitas Rp.4 Juta maka rasio dari keduanya adalah 1:4 yang berarti terdapat Rp.1 investor kreditor untuk setiap Rp4 investasi pemegang saham. 

 

  1. Lakukan penyederhanaan perbandingannya menjadi presentase, caranya membagikan liabilitas keseluruhan dengan keseluruhan ekuilitas dan kali 100. Misal perusahaan tadi Rp1 juta dengan Rp.4 Juta memiliki rasio 25%. 

 

  1. Bandingkan rasio D/E yang telah dihasilkan dengan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama. Biasanya perusahaan sehat akan memiliki rasio mendekati 1:1 atau 100%. 

 

Untuk memudahkan penghitungan ini dan agar menghindari terjadinya human eror gunakan software akuntansi. Dengan menggunakan software ini akan memudahkan Anda saat penghitungannya. Fitur yang disediakan ini seperti penghitungan serta pembuatan laporan keuangan dengan akurat dan tepat. Kesalahan yang ditimbulkan kecil kemungkinannya. 

Baca Juga : Cara Memperoleh Produk Key Windows Pro Secara Gratis

Sehingga Anda tidak akan merasa khawatir akan ada kesalahan saat penghitungan secara manual. Salah satu software ini adalah jurnal. Anda dapat menghitung laba bersih, laba ditahan dan laba lainnya hanya dalam satu aplikasi secara lengkap. 

debt to equity ratio adalah rasio (D/E) menjadi salah satu dari yang lainnya yang menjadi pengukuran dalam penilaian kesehatan keuangan. Rasio lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah harga saham/penjualan, harga laba/penjualan, margin operasional dan margin kotor. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *