Tata Cara VlookUp Data Pada Ms Excel

viralviralpictures.com – Vlook Up merupakan salah satu fungsi atau rumus yang ada pada software Microsoft office yakni Ms Excel. rumus ini biasa digunakan untuk mencari sebuah data maupun kolom. Yang telah tersusunan pada sebuah table data. Sebab dengan sebuah rumus vlook Up pada excel, kita dapat mengisi data dengan hasil nilai yang lebih akurat dan lebih spesifik.

Dalam kehidupan sehari-hari rumus VlookUp Excel biasa kita gunakan untuk mengerjakan tugas, mencari hasil data, dan beberapa hal yang terkait penggunaan excel. Sebab rumus ini sangat mendukung untuk membantu pencarian sebuah data. Seperti dalam pengolahan data, perkalian, penjumlahan, pengurangan, atau perhitungan secara total sekalipun.

Lantas apa saja cara VlookUp excel yang bisa kita pergunakan, khususnya untuk proses pengolahan data secara otomatis? Berikut informasi detailnya!

Tata Cara VlookUp Data Pada Ms Excel

VlookUp sendiri sebenarnya merupakan salah satu bagian dari fungsi hlokup, lookup, match, dan index. Dimana fungsi dari Vlookup adalah untuk mencari sebuah nilai atau hasil, dari sekumpulan data yang ada pada table. Dan berikut rumus vlokup excel “VLOOKUP(NilaiYangDicari; Tabelreferensi”

 

  • NilaiYangDicari

 

Teknik vlookup yang pertama ini adalah untuk mencari nilai pada kolom pertama pada table. Atau kolom yang terdapat pada urutan paling kanan dari table referensi. Argument pada table tersebut bisa berupa teks,angka, nilai, maupun tanggal yang akan Anda hasilkan dari rumus excel tersebut.

 

  • TabelReferensi

 

Table referensi merupakan sebuah table referensi data, yang memiliki 2 kolom atau bisa lebih. Untuk sebuah nilaiyangdicari berada pada kolom pertama dalam sebuah table data itu sendiri.

 

  • NomorKolom

 

Nomorkolom, merupakan sebuah nomor pada kolom dari argument tabelreferensi. Dan mengandung sebuah nilai data, Dan akan kita ambil pada bagian satu barus, dengan menggunakan nilaiyangdicari pada sebuah kolom yang pertama.

 

  • RangeLookup

 

Pada bagian rangelookup merupakan sebuah isi dari nilai bolean dari TRUE dan FALSE. Dalam nilai logika dari true dan false memiliki sifat mencari. Sedangkan nilai logika pada rumus vlookup sendiri merupakan sebuah cara untuk menemukan hasil yang sama, atau nilai yang mendekati dengan nilai satunya.

Pada bagian TRUE, Vlookupakan dapat menemukan dari nilaiyangdicari, dalam sebuah tabelreferensi. Untuk sebuah pencarian yang sama persis, atau untuk nilai yang mendekati. Jadi jika tidak ditemukan nilai sama. Maka nilai terbesar selanjutnya akan dikurangi untuk dapat menemukan nilaiyangdicari.

Sedangkan di bagian FALSE, VlookUp akan berusaha untuk menemukan nilaiyangdicari. Pada sebuah tablereferensi, namun hanya di bagian nilai yang sama saja. Dan jika nilai sama tidak dapat ditemukan. Maka akan mengirimkan pesan terakhir yang bertuliskan error.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Followers Instagram Gratis, Begini Triknya!

Itulah cara vlookup ms excel yang biasa digunakan untuk membantu pencarian sebuah data. Seperti dalam pengolahan data, perkalian, penjumlahan, pengurangan, atau perhitungan secara total sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *